Editor Web Favorit

Editor Web Favorit

Editor Web Favorit
Jumat, 19 Oktober 2012
Images From Google

Sebagai orang yang suka dengan pemrograman web (HTML, PHP, Ajax, JQuery, CSS, dll). Pasti sering coding program, untuk pemula mungkin ini bagian yang sangat menyulitkan selain tidak hapal dengan coding yang ditulis, menulis coding pemrograman dengan notepad kadang membosankan. Banyak hal seperti font yang hanya berwarna hitam dan beberapa fitur yang lain yang menambah kebosanan itu.  Beda jika kita menggunakan linux maka gedit atau notepadnya linux sudah memberikan variasi dengan memberikan font warna ketika kita save file dengan ektensi .php, .html, .css dll. Karena akhir - akhir ini sering ngutak - ngatik lagi beberapa pemrograman diatas maka sayapun mencari beberapa editor untuk menulis program atau aplikasi web yang akan saya buat. Pilihan pertama jatuh sama Macromedia Dreamweaver tapi sayang komputer saya yang memorinya cuman 256MB tidak bisa mengakomodir Macromedia Dreamweaver untuk masuk ke komputer saya, selanjutnya saya pilih Notepad++ ini keren karena ketika kita menulis program sudah ada warna dan variasi yang lain. Apa lagi jika Notepad++ kita tambahkan beberapa plugins seperti yang saya gunakan :  Spell Checker v1.3.3, NppFTP 0.24.1, NppExport v0.2.8, Plugin Manager 1.0.8 dan Converter 3.0. Maka Notepad ini akan cukup memudahkan kita dalam membuat program web. Tapi untuk program editor yang paling favorit untuk saya adalah Bluefish karena memadukan Notepad++ dan juga Macromedia Dreamweaver. Ada fitur popup code yaitu ketika kita kita menulis huruf dan akan muncul referensi code yang akan kita gunakan seperti dalam Macromedia Dreamweaver dan juga Netbeans. tapi enaknya Bluefish itu ringan tidak butuh memory lebih seperti kedua program yang saya sebut diatas. Trus kalo kesamaan dengan Notepad++ itu sama - sama open source jadi gratis tidak usah bayar.

Fitur popup code dan highlight font dalam gambar :