Bahagia Itu Sederhana

Sholat Taraweh

32 komentar

Gambar dari sini klik
Alhamdulillah malam tadi saya bisa ikut melaksanakan sholat taraweh, walaupun bukan di masjid besar dan hanya disebuah mushola kecil dekat rumah tapi saya tetap bersyukur untuk itu. Membicarakan sholat taraweh tentu banyak hal yang menarik untuk dibahasa tentang pengalaman saya selama bulan ramadhan menjalankan sholat taraweh.

Malas Sholat Taraweh
Saat saya sedang males untuk melaksanakan sholat taraweh maka sholat itu menjadi sholat yang lama sekali walapun cuman delapan raka'at lalu di lanjut dengan tiga raka'at witir dan biasanya itu hanya satu jam, dari jam tujuh malam sampai jam delapan tapi saat malas sholat itu begitu sangat lama.
Jika sudah merasakan seperti ini biasanya saya memilih untuk duduk di shaf paling belakang dan hanya ikut sholat isya lalu saat sholat taraweh saya biasanya diam ngelamun liatin jam dan ketika orang sudah memasuki tasyahud akhir maka saya pun ikut tasyahud akhir dan salam tentunya. Selain itu jika malas menyerang maka saya lebih memilih untuk pulang tidak melanjutkan sholat taraweh sampai selesai.

Ngantuk Disaat Sholat Taraweh
Selain malas, ngantuk juga salah satu masalah yang saya alami dalam menjalani sholat taraweh. Biasanya saat berbuka itu saya tidak beraturan ingin memakan segala yang ada di meja makan dan memang saya maka semua walaupun sedikit – sedikit  tapi akibatnya saya menjadi kekenyangan dan akhirnya membuat saya ngantuk.
Tetapi walaupun tidak kekenyangan seperti kejadian diatas, terkadang saat melakukan sholat taraweh dan memasuki pertengahan raka'at  mata saya sudah mulai berat untuk membuka akibatnya kantuk pun mulai menyerang. Ketika sudah seperti ini maka hanya ada dua pilihan pertama pulang lalu tidur sementara yang kedua adalah dengan mengambil air wudhu kembali.

Berkeringat Saat Sholat Taraweh
Sholat taraweh memang bukan olahraga tapi tidak jarang saat melakukan sholat taraweh saya banyak mengeluarkan keringat mulai dari badan sampai wajah, pernah suatu ketika saya melaksanakan sholat taraweh seperti berolahraga hal ini karena imam yang memimpin sholat taraweh itu ngebut banget seperti lagi senam. Jadi saat sholat taraweh kipas angin yang ada di mushola saya fullkan supaya dingin, padahal malem dan di daerah saya yang pegunungan klo malem itu dingin tapi tetep saja klo kipas angin tidak di nyalakan maka keringat akan bercucuran.

Sholat Taraweh Itu Menyenangkan
Sholat taraweh itu menyenangkan karena dengan melakukan sholat taraweh kita bisa menambah amal di bulan yang penuh berkah ini, itu untuk orang dewasa walaupun tidak begitu terlihat raut bahagia di muka saya orang dewasa tapi sebenarnya kami bahagia. Berbeda seratus delapun puluh drajat dengan anak – anak yang berumur balita atau masih kecil, raut bahagia saat melakukan taraweh itu terlihat jelas bila saya perhatikan anak – anak kecil ini sangat bahagia ketika sholat taraweh bertemu dengan teman seumuran mereka lalu saat orang dewasa melaksanakan sholat taraweh biasanya mereka akan lari ke depan dan belakang dengan penuh tawa, atau ngobrol yang hanya dimengerti oleh mereka atau teriak – teriak mengikuti iman. Merasa terganggu iya tapi toh mereka masih anak – anak belum mengerti dengan apa yang mereka lakukan dan mungkin waktu kecil juga saya seperti mereka atau lebih parah saya tidak tahu sudah lupa.

Cerita diatas adalah pernak pernik sholat taraweh yang saya jalani selama beberapa tahun ramadhan kebelakang, semoga saja taraweh tahun ini saya bisa full dan khusuk. Amiin

Marhaban Ya Ramadhan 1434 H

32 komentar :

  1. Alhamdulillah masih di beri kesempatan buat menjalankan solat taraweh lagi...
    sama ... pas hari pertama taraweh udah ngebut imam di sini.. jadi enggak khusuy sholatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, hehehheheeh

      sama dunk, tapi di usahakan tetep khusuk

      Hapus
  2. Saat sholat taraweh, serangan telak yang selalu saya rasakan adalah "ngantuk", tambah lagi kondisi perut tidak nyaman karena isinya lumayan penuh. Diakui atau tidak, tapi begitulah adanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dunk pak sama saya, ngantuk terus nieh padahal katanya klo bulan puasa setan di penjara ya????

      Hapus
  3. sudah menjalankan puasa 2 hari saya malah belum sholat tarawih, semoga bisa menjalankan tarawis besok hari minggu pas pulang kerumah wonogiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin semoga mas bisa melaksanakan sholat taraweh ya

      Hapus
  4. itu ngantuk karena kebanyakan makan Gi. hihi
    aku malah minggu pertama tuh sholatnya di rumah. Soalnya pasti 'pull' :D
    ntar kalo minggu kdua pasti udah mulai jarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo saya sholat dirumah sendirian dunk keluarga yang lain pada ke mushola lagian musholanya deket ver

      Hapus
  5. wah curang nih cuma ikut tasyahud akhir ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu kli lagi males mas, hehehheheh trik aja

      Hapus
  6. yah walaupun katanya setan dibulan puasa itu diiket, tapi masih banyak juga ya godaannya? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. na itu dia yang aneh mas, hehehehhehehehe

      Hapus
  7. kalo aku malah pengen tarawih di berbagai masjid, dan alhamdulillah bisa keturutan tarawih di masjid istiqlal. kamu uda beli, Meg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo sholat wajib pernah disana klo ga lasah duhur
      tapi klo taraweh belum mba,

      pengeen

      Hapus
  8. met puasa ya :)

    emang singinnya sampai berapa derajat celcius ya di sana kl malam hari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dinginnya klo drajat celciusnya ga tau juga mba jarang ngitung tapi klo yang baru disini pasti kedinginan soalnya daerah pegunungan

      Hapus
    2. tapi khan nggak sampai minus ya ?

      Hapus
    3. ngak juga sich tapi tetep dingin

      Hapus
  9. kalau menurutku ga wajib taraweh berjamaah di masjid, utamakan sholat wajib

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul juga sich mas tapi buat nambah pahala aja

      Hapus
  10. klo saya lbh memilih taraweh di masjid yg besar sekalian, dgn penceramah tokoh2 nasional, biar semangat dan ga ngantuk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh klo di saya ada majid besar tapi ga ada penceramah nasionalnya tuch????

      Hapus
  11. Marhaban Ya Ramadhan 1434 H

    BalasHapus
  12. Beberapa tahun lalu, rajin banget sholat taraweh di mesjid sunda kelapa menteng tp sekarang pindah haluan sejak disana 23 rakaat. Gw milih yg 11 rakaat aja biar cepet :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ini saya setuju, sama milih yang cepet

      Hapus
  13. Hallo apa kabar ? lama jg blom ada cerita baru ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nieh mba lagi galau dulu, hehehehhe

      Hapus
  14. ngebut seperi senam..hebat banget imamnya ya, semoga sholat tarawehnya bisa lebih khusuk ya.... salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya gitu pak, semoga saja, hehehehhe

      Hapus
  15. Salam kenal. Kunjungan perdana, nih. Selamat menunaikan ibadah puasa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasih mas, selamat menunaikan ibadan puasa juga

      Hapus