Contoh Database Online Shop

Contoh Database Online Shop

Contoh Database Online Shop
Sabtu, 21 Januari 2017


Perkembangan zaman yang maju pesat seperti sekarang ini semakin memudahkan manusia untuk melakukan sesuatu. Jika dulu untuk belanja manusia harus pergi ke pasar, toko, mall. Maka sekarang tidak harus, tinggal duduk manis didepan komputer lalu buka situs jual beli seperti bukalapak, tokopedia,lazada dan lain-lain terus lakukan pembayaran selanjutnya tinggal menunggu barang sampai ke rumah. Pernahkan kita semua berpikir bagaimana sich database toko online atau online shop seperti bukalapak,tokopedia dan lazada. Pastinya rumit, nah pada tulisan kali ini saya akan membahas database online shop atau toko online tetapi yang sederhana.

Contoh Database Online Shop Atau Toko Online

Diatas adalah contoh database sederhana untuk online shop atau toko online pada tabel pertama ada tabel yang bernama ranting, ranting ini berfungsi untuk memberi rating terhadap produk yang akan kita jual atau lebih dikenal dengan pemberian bintang dimulai dari bintang satu sampai lima. Di dalam tabel rating terdiri dari field RatingID, MemberID, ProductID dan value.

Tabel kedua adalah member yang berisi Username, Password, Email, Fullname, Address, Phone, Gender dan BirthDate. Tabel member ini adalah untuk anggota yang daftar di online shop atau toko online.

Tabel ketiga ada Tabel Comment yang berfungsi untuk memuat komentar - komentar dari member terhadap produk kita, tabel ini berisi dari empat field yaitu CommentID, MemberID,ProductID dan Massage.

Tabel keempat ialah tabel Transaction tabel ini berfungsi untuk menampung transaksi yang dilakukan oleh member saat membeli di online shop atau toko online. Tabel ini berisi TransactionID, MemberID, ProductID, Quantity dan ApprovalStatus.

Tabel kelima adalah tabel Product yang memiliki field ProductID, ProductNama, ProductType,Description, Stock,Price dan ImageSource. Tabel ini berisi produk - produk yang akan dijual dan dipajang di online shop atau toko online.

Terakhir adalah table cart yang berfungsi untuk menyimpan produk - produk apa saja yang member beli sebelum berpindah ke tabel transaksi. Tabel ini berisi CartID, MemberID, ProductID dan Quantity. Itulah contoh database sederhana untuk online shop atau toko online sedikit tambahan mungkin harusnya ada tabel admin, saya lupa memasukan semoga bisa menjadi tambahan dan referensi bagi yang akan membuat online shop atau toko online.
Open Comments
Close comment

11 komentar

  1. Aku kok masih ngambang ya mengenai materi database, rada bingung gitu nanti pas menerapkanyya, blum ada bayangan..., setelah menentukan entitas, atribut, relasi dan kardinalitas, trus step selanjutnya bagaimana?

    BalasHapus
  2. Hurrah, that's what I was exploring for, what a material!
    present here at this blog, thanks admin of this web
    page.

    BalasHapus
  3. admin mau tanya, bagaimana rancangan database jika memiliki banyak toko dalam satu sistem? mohon penjelasannya terimakasih..:D

    BalasHapus
  4. Hi there colleagues, fastidious piece of writing and nice arguments commented here, I am
    genuinely enjoying by these.

    BalasHapus
  5. mungkin relasi ny bisa diberikan penjelasan supaya lebih lengkap pemahaman nya

    BalasHapus
  6. sy pikir databse yg siap di pakai :D

    BalasHapus