Bahagia Itu Sederhana

Contoh Database Penggajian

Tidak ada komentar
Pada postingan kali ini saya akan membagikan contoh database penggajian. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia penggajian adalah proses, cara, perbuatan membayar gaji (upah dan sebagainya). Proses penggajian adalah hal yang sangat penting pada sebuah perusahaan, akan banyak intrik dan demo jika gaji karyawan tidak cair tepat waktu tapi saya tidak akan membahas itu lebih jauh karena pada postingan ini saya akan menjelaskan Tables, Records, dan Fields apa saya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah database penggajian, untuk lebih jelas mari kita lihat gambar dibawah ini :

Contoh Database Penggajian

Struktur diatas adalah contoh dari database penggajian yang memiliki enam tabel yaitu : salaries, employees, titles, departments, dept_emp dan dept_manager. Tabel utama dari database ini adalah employees atau pekerja.

Tabel Salaries (gaji)
Tabel ini berfungsi untuk memberikan nilai gaji kepada setiap karyawan hal ini karena ada keterhubungan antara tabel salaries dengan employees pada field (emp_no) pada tabel ini juga ada field (salary) dengan nilai integer (11) untuk memberikan value gaji pada pegawai dan ada field (from_date) dan (to_date) kedua field ini untuk memberikan berapa lama waktu seorang pegawai dengan gaji yang sekarang, hal ini karena pada perusahaan ada kenaikan gaji berjangka.

Tabel Titles (Jabatan)
Tabel ini berfungsi untuk memberikan jabatan kepada setiap pegawai hal ini karena pada tabel titles terdapat keterhubungan dengan table employees.  Contoh Jabatan bisa staf, Supervisor dan manager. Pada tabel ini juga ada waktu berapa lama seorang pegawai memiliki jabatan tersebut.

Tabel Departemants (Departemen)
Tabel Departemen berfungsing untuk memberi nama departeman contoh Departemen umum dan IT.

Tabel Dept_emp (Departemen Pegawai)
Tabel ini berfungsi untuk memberikan nilai kepada pegawai dimana dia berada dalam departemen, pada tabel ini juga ada jangka waktu berapa lama seorang pegawai tinggal di sebuah departemen.

Tabel dept_manager (Departemen Manager)
Tabel ini berfungsi untuk memberikan nilai manager kepada pegawai yang bersangkutan dan sama seperti tabel lainnya disini juga ada waktu berapa lama seorang menjadi manager di sebuah departemen.

Tabel Employess (Pegawai)
Tebel ini adalah tabel utama dari database penggajian hal ini karena outputnya gaji akan diberikan kepada pegawai.

Itulah contoh database penggajian semoga bisa menambah referensi dan pengetahuan dan terima kasih.

Sumber :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar