Galih Masuk TK

Galih Masuk TK

Galih Masuk TK
Jumat, 20 Juli 2012


Pagi (Senin, 16 Juli 2012) ini suasana rumah mendadak sibuk, alasanya adalah adik saya Galih Permana hari ini masuk TK. Tidak seperti hari biasanya, hari ini semua pekerjaan dilakukan cepat oleh mamah. Bahkan saking cepatnya melakukan beres - beres rumah pagi ini beliau tidak sempat untuk memasak dan mencuci di pagi hari. Sebagai anak saya memaklumi itu semua, hari ini adalah hari beliau kembali mengantar anaknya ke TK setelah 16 tahun yang lalu mengantar saya. Jadi bisa dibilang mengantar kembali Galih ke TK itu adalah hal baru bagi mamah. Kejadian hari ini mengingatkan saya kembali ke masa 16 tahun silam. Dimana saat itu semuanya masih indah, hari pertama masuk TK mamah mengantar saya dan beliau menunggu di bagian belakang kelas. Seperti hari pertama di sekolah yang lain, waktu itu kami hanya berkenalan dan menyanyikan beberapa lagu anak - anak. Masa - masa sekolah di taman kanak - kanak tidak banyak hal yang bisa saya ingat tapi yang paling saya ingat adalah saat TK saya itu cuman dianter atau ditungguin sekolah cuman satu hari berbeda dengan anak - anak saat itu yang ditungguin sampai beberapa minggu, maka saya cuman satu hari. Mungkin berangkat dari itu banyak hal yang sekarang - sekarang itu saya lakukan sendiri tanpa melibatkan orang lain, masih ingat waktu daftar SMP temen saya Samsul diantar oleh orang tuannya dan saya sendiri. Kembali ke masalah masuk taman kanak - kanak, fase ini adalah saat saya berarti harus bersosialisasi dengan orang lain selain keluarga dan tetanga saya. Dan ini merupakan hal baru yang memang waktu kecil itu bisa dibilang anak rumahhan yang jarang bermain jauh selain dari tetangga di depan, pinggir dan belakang rumah. Dan yang lebih dari itu semua adalah sekarang saya sekolah, saat beberapa tahun saya hanya bermain tiap pagi sampai sore menghabiskan waktu. Cuman bisa melihat ketika tiap pagi anak - anak tetangga berangkat ke TK maka saya sendiri main di rumah. Maka mulai hari itu saya jadi bagian dari mereka yang punya aktifitas sekolah walaupun cuman sekolah TK tapi rasanya bahagia saat itu. Mungkin hal yang dirasakan saya 16 tahun lalu sedang adik saya rasakan walaupun dengan suasana dan keadaan yang berbeda tapi saya yakin rasanya menikmati suasana baru apalagi masuk sekolah pasti sama. Untuk adik saya cuman mau bilang "belajar yang rajin ya de".