Bahagia Itu Sederhana

Jangan Plin - Plan Pilih Jurusan !

19 komentar

Images From Google

Semua orang yang akan masuk SMK dari SMP, pasti pernah merasakan memilih jurusan. Berbeda dengan yang akan masuk SMA, mereka tidak dihadapkan pada pemilihan jurusan diawal pendaftaran. Tapi bagi siswa yang akan masuk SMK pemilihan jurusan itu hukumnya wajib. Salah memilih jurusan berarti bahaya karena tiga tahun akan menikmati pelajran yang tidak disukai. Cerita diataspun terjadi pada diri saya, bisa dibilang saya itu salah memilih jurusan. Ini terjadi karena sebenarnya saya itu suka dunia desain dan waktu itu juga saya kerja di lembaga kursus komputer, Pilihan yang baik dan menyesuaikan lingkungan dengan keadaan saya maka ada baiknya kalo saya memilih desain grafis, TKJ atau multimedia. Tapi karena beberapa faktor maka pilihan saua jatuh pada otomotif. Alasannya karena waktu itu semua teman - teman dekat saya waktu SMP memilih jurusan otomotif di SMK, selain dari pada itu banyak juga yang bilang kalo misalkan kita memilih jurusan otomotif itu setelah lulus bisa langsung kerja. Beberapa alasan diatas yang memang berandil besar menceburkan saya masuk ke jurusan Otomotif di SMK. Sampai sekarang apa yang tiga tahun saya pelajari di SMK tentang dunia keotomotifan tidak berbekas sama sekali. Dalam artian pelajaran teori tentang otomotif tapi dirumah saya ngoprek komputer dimana nyambungnya ? maka mungkin ada beberapa saran dan tips untuk adik - adik dari SMP yang ingin melanjutkan masuk ke SMK, coba tentukan sikap jangan galau tentang pemilihan jurusan. Karena mungkin ini bisa menjadi langkah kecil tapi besar manfaatnya untuk masa depan kalian. Berbagai hal yang baik jangan sampai adik - adik saya salah memilih jurusan maka saya coba tips untuk tetap teguh pada jurusan yang kalian suka dan inginkan.

Pertama
Hal yang paling utama menurut saya faktor untuk temen - temen memilih jurusan di SMK adalah Lingkungan. Coba kalian liat sekeliling lingkungan kalian ada atau tidak hal yang dapat membantu kalian untuk bisa fokus dan ahli pada jurusan yang akan kalian ambil. 
Contoh : Misalkan di sekitar lingkungan kalian tinggal itu banyak sekali bengkel mobil dan motor. Maka ada baiknya jurusan yang kamu pilih itu otomotif, teknik kendaraan ringan dan teknik alat berat. Karena dengan banyak bengkel di lingkungan kamu, kamu bisa ikut belajar dan menerapkan ilmu yang kamu dapat disekolah langsung.

Kedua
Hobi atau kesukaan kamu itu apa sich ? coba kamu renungkan baik - baik, bila sudah dapat maka coba kamu pilih jurusan sesuai dengan hobi yang suka.
Contoh : Bila hobi kamu adalah seorang yang hobi  masak dan ingin menjadi chef, maka ada baiknya kamu memilih jurusan Tata Bogo dari pada otomotif. Karena itu bisa lebih untuk kamu dalam dengan rasa suka buka terpaksa. Catatan jangan pernah gengsi dengan apapun pilihan kamu. Karena yang menentukan sukses tidaknya masa depan kamu nanti bukan orang yang mencemooh kamu tapi kamu sendiri.

Ketiga
Untuk yang ketiga atau yang terakhir adalah Fokus tetap pada pendirian jangan hiraukan ocehan orang yang tidak mengenal kamu seutuhnya, Pengalaman jangan seperti temen saya yang waktu itu dari rumah dia sudah menetapkan pilihan  untuk memilih jurusan elektronika tapi pas tahu cuman ada dua kelas malah pindah ke jurusan otomotif. Pilihan jurusan yang tepat untuk kamu ikut menentukan masa depan kamu.

Itulah beberapa saran dan tips yang bisa saya bagi untuk teman - temen, semoga kalian bisa milih jurusan yang tepat dan sesuai dengan pilihan hati kalian. Hidup ini pilihan tapi asal pilih saja juga tidak baik. Semoga pengalaman saya yang salah jurusan tidak menimpa temen - temen semua.



19 komentar :

  1. Sebelumnya salm kenal,nama saya IKMAL ISMAIL,
    Betul sekali yang sudah di bahas tadi,jangan sampai kita masuk SMK salah ngambil JURUSAN,saya juga pernah masuk di salah satu SMK, saya awalnya sudah bertekad dari kelas 2 SMP mu ngambil jurusan TKJ,singkat crita setelah saya lulus dari smp saya ga tau mau masuk smk mana dan akhirnya CITA CITA saya HAMPIR di depan mata(ingin MASUK JURUSAN TKJ), stlelah daftar (prsyaratan semua ada),ternyata saya ga masuk ke jurusan TKJ,akhrnya sya (kepaksa) ngmbil jurusan ELEKTRONIKA,slama tiga bulan sya sadar,slama ini pelajaran (produktif) ga ada bekasnya,(ga ada bakat yang tersimpan di diri saya)...
    ya intinya apa yg telah kita baca tadi adalah sedikit pencegan jangan sampai SALAH MASUK JURUSAN (di SMK),kesuksesan MU ada di TANGANMU,
    MAKASIH BANYAK YA GAN ATAS CERITA PENGALAMAN ANDA" Sya skali lg ucapkan TERIMAKASIH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus agan melanjutkan ke universitas gak????
      kalo melanjutkn,, lanjutnya ke jurusan mana gan????

      Hapus
    2. teus skrg agan lanjut ke universitas gak????
      kalo lanjut, kemana lanjutnya gan???

      Hapus
    3. iya udh semester akhir, jurusan masih yang berbau komputer sich, hehehehhe

      Hapus
  2. Plajaran yg d utmakan pda jrsan otomotif ap sja ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas saya sudah lupa tuch, hehheheheh

      Hapus
  3. situ lucu sob kalo menurut saya ^_^ jago desain kok masuknya TKR. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia mas, hehehehehhehe lagi ababil dulunya

      Hapus
  4. mungkin ada hikmah nya dibalik semua ini, hehe ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas, mungkin ada hikmah dan pelajaran

      Hapus
  5. saran yang bermanfaat gan, tapi saya udah lulus SMA. :) Yang terpenting menurut saya adalah lakukan saja sumuanya sesuai keinginanmu dan teruslah untuk berusaha, sisanya biar tuhan yang menentukan hasilnya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya setuju gan, tapi yang utama kita juga bisa milih buat hidup kita klo berhasil atau engga itu terganggung usaha dan doa, Allah yang ACC

      Hapus
  6. Gan lebih enak dapet kerja di tkr apa tkj sih kalo engga kuliah?
    Ane niat nya sih ke tkr eh keluarga suruh di tkj
    Saran nya om om semua

    BalasHapus
  7. Gan lebih enak dapet kerja di tkr apa tkj sih kalo engga kuliah?
    Ane niat nya sih ke tkr eh keluarga suruh di tkj
    Saran nya om om semua

    BalasHapus
  8. Halo abang, sy jg merasa salah jurusan ( tadinya incar tkj malah elektronika krn sesuai hasil tes)
    Awalnya udh pikir bakal dapet tkj eh gk sesuai ekspetasi malah elektro
    Gmna yah? Rasanya sy dah putus asa,karena sy sama skali gaada dasar2 elektro.
    tp jurusan elektro itu berguna gk bang buat nanti? Sy bingung bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. berguna dari elektro bisa masuk kemana aja

      Hapus