Debat Pertama DKI Jakarta

Debat Pertama DKI Jakarta

Debat Pertama DKI Jakarta
Sabtu, 14 Januari 2017

Tadi malam sudah dilaksanakan debat pertama pilgub DKI Jakarta, walaupun bukan orang yang berktp DKI Jakarta tapi karena DKI Jakarta adalah barometer nasional maka wajib bagi saya untuk menyaksikan bagaimana visi dan misi dari pasangan calon yang akan dipilih oleh warga DKI Jakarta dan pada debat ini jika saya orang DKI Jakarta maka sudah bisa melihat visi dan misi serta program kerja yang akan pasangan calon lakukan lima tahun kedepan. Pendapat saya tentang visi dan misi serta program kerja ketiga pasangan calon selama dalam debat adalah :

Untuk pasangan calon nomor satu pada debat ini kelihatan banyak sekali program kerja yang berkenaan dengan uang, contoh satu Milyar Per-Rw. Jika dilihat dari program ini saja menurut saya program seperti ini adalah program yang banyak dibawakan jika pilgub di masa lalu. Pada masa sekarang ketika informasi begitu cepat menurut pendapat saya butuh sebuah program kreatif dan inovatif. Selain program satu Milyar Per-RW ada juga bantuan langsung sementara yang lagi - lagi ini juga salah satu program presiden 2004 - 2014. Dan yang paling saya soroti pada acara debat ini adalah ketika moderator bertanya “ Jika anda terpilih, siapkah tidak tergiur tawaran maju menjadi capres atau cawapres tahun 2019 ? ” Jawaban pasangan nomor satu itu mengambang tidak bilang iya atau juga tidak karena mereka hanya fokus untuk memenangkan pilgub.

Pendapat saya untuk pasangan nomor dua adalah karena mereka petahana jadi banyak program - program kerja yang intinya melanjutkan dari masa pemerintahan kerja pasangan calon nomor dua dari periode sebelumnya. Dalam debat semalam pasangan calon nomor dua bisa dibilang sukses untuk memaparkan program - program kerja yang akan mereka lakukan lima tahun kedepan, namun yang mungkin agak mengecewakan bagi saya orang awam adalah ketika moderator bertanya “ Jika anda terpilih, siapkah tidak tergiur tawaran maju menjadi capres atau cawapres tahun 2019 ? ” yang menjawab pertanyaan ini dari moderator adalah hanya cawagubnya saja sendiri tidak berdua dengan cagub pasangan nomor dua.

Dan yang terakhir dari pasangan calon nomor tiga pendapat saya tentang mereka pada debat semalam banyak program kerja yang baru yang bisa dibilang inovatif. Tapi saya agak kurang setuju dengan pendapat pasangan calon nomor tiga mengenai penggusuran yang ada di Jakarta. Namun yang saya suka dari pasangan calon nomor tiga ini adalah ketika moderator bertanya “ Jika anda terpilih, siapkah tidak tergiur tawaran maju menjadi capres atau cawapres tahun 2019 ? ” Jawaban pasangan nomor tiga ini bisa dibilang paling menyakinkan karena kedua cagub dan cawagub menjawab dengan tegas akan menyelesaikan amanah selama lima tahun.

Itu saja pendapat saya pada acara debat pilkada DKI Jakarta yang pertama, saya selalu berharap semoga pilkada DKI Jakarta nanti bulan Februari bisa berlangsung damai. Amiin

Debat Pertama Pilkada DKI