Bahagia Itu Sederhana

Wanita & Pentingnya Memakai Jilbab

Tidak ada komentar
Memakai jilbab atau kerudung untuk wanita muslim yang sudah dewasa merupakan sebuah keharusan dalam agama islam. Hal ini di kuatkan dengan adanya beberapa surat di dalam Al – Qur'an dan juga hadist yang menyatakan bahwa seorang wanita muslim wajib memakai jilbab bila sudah cukup umur atau dewasa. Salah satunya tertera dalam surat An-Nur ayat 31 yang berbunyi “ Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pendangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakan perhiasanya (auratnya), kecuali yang biasa terlihat. Dan hendaklah mereka menutupi kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakan perhiasanya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera – putera mereka, atau putera – putera suami mereka, atau saudara – saudara laki – laki mereka, atau putera saudara laki – laki mereka, atau putera saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki,  atau para pelayan laki – laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak – anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang – orang yang beriman agar kamu beruntung ”. Poin penting yang bisa kita ambil dari ayat di atas adalah perintah Allah SWT kepada perempuan muslim untuk menutupi aurat mereka dengan menggunakan kerudung.

Masih dari Al – Qur'an yaitu surat Al – Ahzab ayat 59 yang bunyinya “ Wahai Nabi ! Katakanlah kepada istri – istrimu, anak – anak perempuanmu dan istri – istri orang mukmin, “ Hendaklah mereka menutupkan jilbab ke seluruh tubuh mereka” yang demikian itu agar mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu, dan Allah maha pengampun, maha penyanyang ”. Dari ayat diatas kita bisa lihat dengan sangat jelas bahwa Allah memerintahkan kepada Nabi agar istri, anak, istri orang mukmin hendaknya menggunakan kerudung, pada akhir ayat ada sebuah penjelas bahwa menggunakan kerudung membuat wanita mudah dikenali sebagai seorang wanita muslim dan supaya mereka tidak di ganggu oleh laki – laki yang berniat jahat terhadap mereka. Karena kita tahu sendiri sekarang ini banyak sekali kasus pelecehan terhadap wanita. Salah satu hal yang menyebabkan itu semua bisa terjadi karena kebanyakan wanita sekarang itu tidak menutup aurat mereka dan terkesan membukanya untuk umum. Padahal sebagai laki – laki yang normal pastilah tergoda bila ada wanita – wanita yang menggunakan pakaian – pakaian yang terbuka aurat. Dan ujungnya - ujungnya bila mereka benar – benar tidak kuat iman ya melakukan hal – hal yang tidak diinginkan.

Maka memakai jilbab itu memang bermanfaat di masa sekarang ini selain untuk menutupi aurat jilbab juga bisa membuat wanita lebih anggun, cantik, dan pesona sebagai wanita muslimnya lebih keluar. Manfaat lain yang lebih utama, bisa kita dapatkan lagi ketika kita menggunakan jilbab ialah selamat dari adzab Allah. Banyak dari kaum perempuan yang masuk neraka hanya karena tidak memakai jilbab saat keluar rumah. Salah satu hadist yang menunjukan hal diatas ialah dikatakan oleh Nabi besar Muhammad SAW sebagai berikut “ Wanita yang akan digantung dengan rambutnya, sampai mendidih otak dikepalanya di dalam neraka, mereka ialah wanita – wanita yang memperlihatkan rambutnya kepada laki – laki yang bukan muhrimnya “. Menakutkan sekali padahal itu cuman rambut bagian yang sekarang ini sudah dianggap biasa untuk di lihat oleh laki – laki. 

Yang kedua manfaat dari jilbab yaitu masih ada keterkaitan dengan surat Al – Ahzab ayat 59 yaitu terhindar dari pelecehan. Sedikit tentang ini memang sudah saya bahasa diatas tapi mari kita kuatkan lagi tentang pelecahan terhadap wanita ini. Bahwa banyak pelecehan yang terjadi di antar wanita – wanita itu merupakan akibat tingkah laku wanita sekarang yang suka pamer aurat di depan umum. Menurut sabda Nabi Muhammad SAW bahwa wanita itu merupakan fitnah atau fitnah disini merupakan goodaan terbesar bagi laki – laki. Selanjutnya dengan memakai jilbab, bisa memelihara rasa cemburu laki – laki. Cemburu merupakan sifat dari Allah yang ditanamkan kepada hati laki – laki agar mereka menjaga harga diri wanita yang menjadi mahramnya. Karena dalam islam  cemburu merupakan sifat yang terpuji hadist riwayat Muslim yang menjelaskannya “ Allah itu cemburu dan orang beriman juga cemburu, Kecemburuan Allah adalah apabila seorang mukmin menghampiri apa yang diharamkan-Nya “. Jadi ketika jilbab ditanggalkan oleh wanita, rasa cemburu laki – laki akan hilang sehingga bila nanti terjadi pelecehan tidak akan ada yang membela. 

Dan dengan berjilbab wanita akan seperti bidadari – bidadari yang selalu menundukan pandangannya. Tidak pernah disentuh selain oleh mahramnya. Yang senantiasa ikhlas menunggu suami dirumah untuk menjaga kehormatan dirinya dan suami. Seperti dalam surat Ar - Rahman ayat 56 “ dalam surga itu ada bidadari – bidadari yang menundukan pandangannya, mereka tidak pernah disentuh oleh seorang manusia atau jin pun sebelumnya “. Sunggguh luar biasa sekali apresiasi yang Allah SWT berikan kepada wanita – wanita muslim yang taat terhadap syari'atnya. 

Dua manfaat yang lainnya adalah bisa mencegah terjadinya kanker kulit dan memperlembat gejala penuaan dini. Dengan menutup kepala sampai  dada memakai jilbab sinar matahari yang mengandung sinar UV yang dapat menyinari  wajah, leher, tangan, kaki secara langsung bisa di tangkal. Selain dari itu juga sinar matahari bisa merangsa sel melanosit ( sel – sel melamin ) untuk mengeluarkan melanin, akibatnya rusaklah jaringan kolagen dan elastin yang berperan penting dalam menjaga keindahan dan kelenturan kulit. 

Pemaparan diatas menunjukan bahwa begitu pentingnya seorang wanita muslim memakai jilbab. Pertama memakai jibab merupakan syariat islam yang menunjukan bahwa Allah sangat menghargai wanita dan ingin menjaganya dengan cara yang sudah Allah tentukan. Kedua dengan memakai jilbab banyak hal - hal postif yang bisa wanita ambil bukan hanya amal tapi manfaat yang besar dengan menggunakan jilbab. Pada akhirnya keinginan untuk memakai jilbab itu kembali lagi pada wanitanya sendiri, apa mau ? Dengan ikhlas karena Allah memakai jilbab. Karena dengan memakai jilbab tidak akan sedikit pun mengurangai kecantikan, keanggunan seorang wanita. Tapi malah akan memancarkan aura kecantikan dan keanggunan yang lebih besar ditambah lebih dengan kewibawaan seorang wanita muslim yang selalu menjaga perhiasanya.
Sumber :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar