5 Jurusan Paling Banyak Dicari Perusahaan Zaman Now

5 Jurusan Paling Banyak Dicari Perusahaan Zaman Now

5 Jurusan Paling Banyak Dicari Perusahaan Zaman Now
Rabu, 23 Januari 2019
5 Jurusan Paling Banyak Dicari Perusahaan Zaman Now


Untuk kalian yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) apalagi kelas 9 dan akan melanjutkan ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), ada baiknya membaca artikel yang saya buat ini, agar tidak salah memilih jurusan dan bisa cepat kerja setelah lulus SMK. Beberapa jurusan dibawah ini adalah jurusan yang akan banyak dicari oleh perusahaan pada zaman sekarang, adalah :

1. Animasi
Pada jurusan Animasi kalian akan mempelajari bagaimana cara membuat animasi mulai dari tahap awal atau basic hingga tahap akhir dalam membuat sebuah animasi. Praktik kerja lapangan di berbagai tempat akan memberikan kalian pengalaman kerja sebagai animator. Tidak hanya itu lulusan animasi juga banyak dicari oleh perusahaan yang menggunakan digital marketing untuk menjangkau customernya. Salah satu orang yang berhasil dari jurusan animasi adalah Nur Alif Ramadhan dengan Dalang Pelo.

2. Multimedia
Pada jurusan Multimedia, kalian mendapatkan ilmu seputar pengembangan website, multimedia, permainan, hingga produksi sinema dan industri media. SMK Jurusan Multimedia juga berkesempatan untuk melakukan praktik pada perusahaan seperti pengembangan web, percetakan, rumah produksi film dan media cetak ataupun online. Pada era serba digital seperti sekarang ini, jurusan Multimedia sangat banyak dicari karena hampir semua perusahaan ingin mengikuti perkembangan zaman yang pastinya untuk itu semua membutuhkan seorang ahli agar hasilnya maksimal. 

3. Pariwisata
Sebagai orang Indonesia, kita semua pasti tahu betapa indahnya negara ini. Ratusan, bahkan ribuan turis mancanegara selalu datang ke Indonesia tiap tahunnya. Publikasi besar - besaran disektor pariwisata akhir-akhir ini, membuat pergerakan industri pada sektor pariwisata meningkat pesat. Dilihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang berusaha mengembangkan bisnis pariwisata. Kalian bahkan bisa menemukan agen travel dan hotel dihampir semua kota di Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang ini, biasanya mencari tenaga kerja yang sudah siap untuk terjun langsung ke lapangan, baik sebagai front office, room boy ataupun tour guide sehingga bisa dengan cepat membantu kebutuhan para wisatawan. Praktik Kerja Lapangan (PKL) jurusan pariwisata biasanya langsung di hotel dan bahkan ada yang di hotel luar negeri atau kapal pesiar. Jadi untuk kalian yang sekolah jurusan pariwisata, punya peluang besar mengisi posisi ini karena pengalaman magang yang kalian dapat sudah sangat mumpuni. Selagi teman-teman kalian masih mempelajari teori, kalian bisa langsung bekerja dan jalan-jalan sekaligus.

4. Akutansi
Jurusan ini dari dulu memang selalu ramai peminat. Bidang pekerjaan yang luas dan dapat dijangkau adalah alasan kenapa lulusan SMP (Sekolah Menengah Pertama) memilih melanjutkan ke jurusan ini. Perusahaan - perusahaan yang bergerak dalam bidang apa pun pasti memerlukan seorang ahli keuangan untuk menghitung keluar masuknya pendapatan dan pengeluaran (Arus KAS), rugi-laba, merencanakan keuangan perusahaan. Ini yang akan menjadikan lulusan dari jurusan akuntasi selalu dibutuhkan. Bagi kalian yang lulusan SMK akuntansi dan mampu bersaing dengan lulusan sarjana akuntansi maka penghasilan yang bisa kalian dapatkan dari posisi ini pun terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan bidang lain.

5. Otomotif
Otomotif pada jurusan SMK saat ini yang sedang populer adalah Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Jurusan TKR adalah jurusan yang menekankan dengan penguasaan keterampilan, khususnya dalam pemeliharaan kendaraan ringan seperti mobil. Bekal yang akan dimiliki siswa dari jurusan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan, beberapa diantaranya adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif seperti Bengkel Honda,Toyota dan transporatsi. Apa yang dibutuhkan dari siswa SMK TKR? Perusahaan umumnya membutuhkan bantuan kalian untuk merawat dan memperbaiki mesin, sistem pemindah tenaga, chasis dan suspensi, sistem kelistrikan otomotif, serta beberapa keterampilan.

Sumber :