Tips Persiapan Menghadapi Musim Hujan

Tips Persiapan Menghadapi Musim Hujan

Tips Persiapan Menghadapi Musim Hujan
Sabtu, 23 November 2019
Tips saat musim hujan



Musim penghujan sudah di depan mata, ada baiknya kita mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus kita lakukan pengecekan agar nyaman saat musim hujan tiba, adalah :

1. Genteng
Sebelum musim penghujan besar tiba, ada baiknya kita mengecek semua genteng yang terpasang dirumah kita. Apakah sudah retak, rusak atau bahkan pecah, ada baiknya kita ganti satu persatu yang rusak dengan yang baru agar nyaman saat musim penghujan tiba tidak ada bocor dirumah kita.

2. Talang Air
Agar nyaman saat hujan selanjutnya adalah ada baiknya kita membersihkan talang air diatas rumah agar tidak mampet dan saat hujan air akan langsung turun, tidak tergenang diatas rumah. Bersihkan Talang air dari dedauanan, ranting dan sampah - sampai lainnya yang biasanya menumpuk.

3. Tembok
Seperti genteng yang bocor, tembok juga bisa terjadi tapi biasanya disebut rembes, rembesan ini terjadi karena ada sela kosong di tembok yang kemasukan air dan bisa keluar di tembok sebelahnya. Mengatasi hal seperti ini ada beberapa cara, yang pertama adalah di cat ulang dengan cat pelapis anti bocor seperti nodrop atau aquaproof dan cara yang kedua ada dengan mengaci semen lalu membalurkannya ke tembok yang ada retakan kecil tersebut.

4. Pohon
Saat hujan biasanya disertai dengan angin dan petir yang cukup besar, di beberapa tempat banyak pohon tumbang karena angin yang besar jadi ada baiknya kita membereskan pohon supaya lebih rapih agar jika ada terjangan angin dan hujan tetap aman atau tebang pohon yang sudah tua, dekat rumah dan jalan karena akan berbahaya jika turun hujan besar disertai angin.

5. Listrik
Karena setiap musim hujan biasanya banyak terjadi bencana seperti banjir, pohon tumbang, longsor dan lain - lain maka ada baiknya kita mempersiapkan cadangan listrik, hal ini karena biasanya mengganggu jalur kabel PLN dan menyebabkan listrik mati. Ada baiknya kita mempersiapkan keadaan seperti itu dengan memiliki perangkat seperti genset, power bank, lampu darurat yang bisa kita gunakan saat listrik mati.

6. Potensi Bencana
Potensi bencana adalah sebuah hal - hal rawan, untuk menyadari bencana yang di akibatkan oleh hujan, misalkan saat melwati jalan yang sering longsor maka ada baiknya saat hujan besar kita mencari jalan alternatif atau saat hujan besar dijalan usahakan tidak berteduh dibawah pohon karena pohon bisa rubuh oleh angin dan hujan atau terkena petir. Terakhir kurangin aktifikas main HP saat hujan karena bisa terkena sambaran petir.

7. Aplikasi Cuaca
Aplikasi cuaca berfungsi untuk melihat keadaan disuatu daerah apakah hujan atau tidak, jadi ketika kita akan berpergian dapat mempersiapkan segala kebutuhan dengan tepat, seperti pemotor yang membawa jas hujan atau pemobil membawa payung.

8. Jas Hujan & Payung
Bagi anda pemotor ada baiknya mengecek jas hujan anda apakah masih layak untuk dipakai atau tidak, apakah ada bocor atau tidak sehingga layak dan baik saat digunakan di musim hujan. Untuk teman - teman yang memiliki mobil ada baiknya menyimpan payung di mobil, yang akan digunakan saat turun dari mobil agar aman tidak kena hujan.