5 Tips Membuat Password

5 Tips Membuat Password

5 Tips Membuat Password
Senin, 05 Februari 2024

Zaman sekarang, hampir semua orang melakukan aktivitas di smartphone atau komputer, mulai dari chat, telepon, kirim uang dan bahkan mencari jodoh. Semua aktivitas itu menggunakan aplikasi, nah aplikasi itu menggunakan user dan password. Tidak jarang atau malah banyak sekali di sekitar kita orang - orang yang membuat password asal-asalan dan mudah di tebak. Padahal itu sangat berbahaya untuk keamanan akun dari user tersebut.


Dibawah ini adalah saran dari saya untuk membuat password agar lebih sulit untuk di tebak oleh hacker atau orang - orang yang tidak bertanggung jawab.


  • 8 - 14 Karakter

Gunakan password dengan jumlah minimal 8 karakter, karena password dibawah 8 karakter tidak disarankan walapun menggunakan kombinasi huruf dan angka.

  • HURUF BESAR

Dalam password harus ada kombinasi huruf besar (AIUEO), karena password yang terdiri 9 karakter pun jika hanya angka kecil semua maka akan mudah di retas dalam waktu 10 detik.

  • huruf kecil

Dalam password harus ada kombinasi huruf kecil (aiueo), karena password dengan kombinasi huruf kecil, huruf kapitas dan angka dengan jumlah 10 karakter bisa menahan untuk password diketahui oleh hacker selama 5 bulan.

  • Angka

Dalam password harus ada kombinasi angka (12345678910), karena password dengan 11 karakter dan kombinasi huruf besar, kecil, angka

  • History

Password baru harus bener - benar baru, jangan pernah gunakan password yang pernah anda gunakan sebelum nya.

 

Tambahan 

  • Simbol

Tambahkan simbol jika memungkinkan, karena di beberapa aplikasi ada yang tidak menerima password dengan menggunakan simbol.